Pentingnya Mewaspadai Anemia pada Anak

Pentingnya Mewaspadai Anemia pada Anak


Pentingnya Mewaspadai Anemia pada Anak. Anemia yang terjadi pada anak dikarenakan rendahnya kadar hemoglobin dalam darah. Hemoglobin itu sendiri merupakan protein yang mengandung zat besi di dalam sel darah merah yang berfungsi membawa oksigen ke seluruh tubuh. Di sampan itu juga berfungsi membawa zat CO2 kembali ke paru-paru untuk dibuang keluar tubuh. Sedikitnya 80 persen anak dan balita di Negara berkembang diduga terkena anemia.


Gejala Anemia pada Anak


Anemia pada anak biasanya ditunjukkan oleh gejala-gejala sebagai berikut:
  • Badan lesu
  • Pucat
  • Gampang pusing
  • Detak jantung lebih cepat dari biasanya
  • Daya tahan tubuh yang lemah

Penyebab Anemia pada Anak


Penyebab utama anemia secara umum adalah kurangnya zat besi dalam darah. Hal ini biasanya diakibatkan karena kurangnya asupan zat besi pada makanan dan minuman yang dikonsumsi anak-anak yang bersangkutan. Di samping penyebab utama itu ternyata diketahui juga beberapa factor pemicu resiko anemia pada anak, antara lain:

  • Khusus untuk anemia pada bayi terutama karena pemberian ASI yang terlalu cepat dihentikan padahal kadar zat besi yang terkandung di dalam ASI jauh lebih tinggi dan gampang diserap dibandingkan pada susu formula.
  • Anemia pada anak biasanya dipicu karena anak-anak terlalu banyak minum susu formula yang miskin zat besi sehingga menyebabkan kurangnya nafsu makan. Dengan demikian asupan zat besi melalui makanan menjadi kurang optimal.
  • Pola makan anak dan asupan gizi pada makanan yang tidak seimbang.
  • Anak-anak yang terlahir prematur dengan berat badan rendah lebih beresiko terkena anemia.

Akibat Anemia pada Anak


Anemia pada anak yang berkepanjangan akan berdampak buruk bagi pertumbuhan dan perkembangan anak yang bersangkutan. Dampak buruk itu antara lain pertumbuhan fisik yang terhambat, berkurangnya kemampuan belajar sebagai akibat terganggunya neurologis anak serta tingkat kecerdasan yang relative lebih rendah.

Penelitian yang telah dilakukan di Meksiko menyebutkan bahwa akibat lebih buruk dari anemia pada anak ditunjukkan dari cara berjalan anak yang tidak sempurna. Hal itu disebabkan karena terganggunya fungsi motorik anak yang bersangkutan. Dengan melihat akibat-akibat buruk dari anemia pada anak di atas maka pengetahuan tentang kemungkinan anemia pada anak musti diwaspadai sejak dini.

3 komentar

  1. Fakultas sains dan teknologi (FST) satu satunya cuma ya ada di Universitas Medan Area. FST juga memiliki dua prodi,yaitu sistem informasi dan biologi. Prodi biologi merupakan salah satu prodi yang sering memenangkan lomba di Universitas Medan Area. Ayo segera daftakan dirimu ke Universitas Medan Area TA 2020/2021. Ayo kunjungi http://fst.uma.ac.id/

    BalasHapus
  2. mari gabung bersama kami di Aj0QQ*c0M
    BONUS CASHBACK 0.3% setiap senin
    BONUS REFERAL 20% seumur hidup.

    BalasHapus