Tips Menyiapkan Liburan DI Akhir Pekan

Tips Menyiapkan Liburan DI Akhir Pekan

Tips Menyiapkan Liburan DI Akhir Pekan. Setelah sekian lama kita dihadapkan dengan rutinitas pekerjaan, refreshing untuk melepaskan penat yang menumpuk dipikiran kita. Ya liburan menjadi salah satu aktivitas yang menyenangkan untuk ajang refreshing. Berbagai macam pilihan untuk pergi berlibur. Mulai dari yang dekat hingga yang paling jauh dan dari mulai dari yang murah sampai yang mahal. .

Liburan mempunyai porsi yang penting demi menciptakan hidup yang seimbang. Bagaimanapun juga tubuh kita membutuhkan waktu untuk liburan demi menjaga tubuh yang sehat.

Baca juga :  Tips Tetap Cantik Saat Berlibur

Tips Menyiapkan Liburan DI Akhir Pekan

 Berikut ini ada beberapa tips menyiapkan liburan sebelum melakukan perjalanan.

1. Perorangan.

Kalau Anda pikir jalan sendiri (bukan beli paket tur) lebih menarik karena lebih bebas, maka Anda akan mengambil alih tugas operator tur, termasuk pemandu (guide). Kumpulkan nama dan alamat beberapa hotel di tujuan, beberapa penerbangan yang menuju kesana, juga jadwal bus atau kereta api. Kecuali bila Anda menggunakan mobil pribadi. Untuk cara yang terakhir ini, hotel dan restoran pun bisa Anda cari pada saat tiba di lokasi.

2. Pilih Hotel.

Kamar hotel pun akan sulit didapat pada musim liburan. Kalau Anda tidak mau ambil resiko telantar, pesanlah kamar sebelumnya. Tapi kalau Anda berlibur di dalam negeri dan punya jiwa petualang, ada baiknya Anda mencari sendiri hotel di tujuan Anda. Anda dan pasangan Anda bisa pilih hotel, pilih letak kamar, bahkan Anda bisa tawar-menawar diskon. Ingat, pihak hotel tidak akan memberikan diskon kalau tidak Anda minta.

3. Seleksi Bawaan.

Rencanakan barang-barang apa saja yang perlu dibawa dan dengan apa perlu mengemasnya (travel bag, backpack atau koper). Sesuaikan barang bawaan dengan daerah tujuan Anda. Hindari membawa barang-barang yang kurang diperlukan. Ingat, Anda dan pasangan Anda akan berlibur bukan pindah rumah. Sebaiknya Anda membawa tas lipat cadangan, setidaknya untuk pakaian kotor atau oleh-oleh.

4. Tujuan.

Pastikan kemana anda akan berlibur, pantai, hutan, gunung, desa unik, perkotaan atau pulau terpencil yang eksotis. Pelajari daerah yang Anda kunjungi melalui buku, majalah, peta dan internet atau minta info dari teman yang pernah kesana. Cara ini akan mempermudah Anda ketika tiba di lokasi berlibur, tidak buang-buang waktu dan tidak jadi korban penipuan.

5. Jaga Kondisi.

Terkapar sakit saat liburan? Jangan sampai hal itu terjadi. Siapkan fisik Anda sebelum berangkat. Lakukan olahraga secara teratur, pasok tubuh dengan nutrisi yang memadai, cukup berisitirahat, dan konsumsi suplemen kesehatan. Jangan segan memeriksakan diri ke dokter sebelum berangkat. Siapa tahu Anda membutuhkan vaksinasi tertentu untuk membentengi tubuh dari berbagai ancaman penyakit di daerah liburan.

Baca juga :Tips Cara Hidup Sehat dan Cantik Secara Alami

6. Paket Tur.

Hampir setiap biro perjalanan punya paket tur, baik domestik maupun manca negara. Anda bisa menjajaki harga dan kondisi lainnya untuk bahan pembanding. Kalau Anda belum pernah ke tempat yang akan Anda kunjungi, paket tur yang sudah tersusun rapi ini bisa Anda pertimbangkan. Kelemahan paket tur adalah jadwal waktu yang ketat, namun terkadang harganya bisa lebih murah dibanding anda jalan sendiri.

7. Tiket Murah.

Bila Anda  menggunakan transfortasi umum, pesawat udara, kapal, bus atau kereta api, sebaiknya memesan tiket lebih dahulu. Khusus untuk pengunaan pesawat terbang, biasanya mereka punya sistem harga tiket yang bertingkat. Bila memesan lebih dini, besar kemungkinan Anda mendapatkan tiket dengan harga lebih murah. Kebiasaan beli langsung biasanya membuat Anda harus membayar tiket dengan harga paling tinggi.

8. Dokumen Perjalanan.

Siapkan semua dokumen yang akan mendukung perjalanan anda (KTP, SIM, paspor, visa dan yang lainnya). Cek masa berlakunya, jangan lupa memfotokopinya. Tempatkan fotokopi terpisah dari dokumen aslinya pada barang bawaan Anda. Mungkin anda membutuhkannya untuk melaporke polisi bila sampai dokumen aslinya hilang.

9. Beli Asuransi.

Sebelum berangkat pastikan membeli polis asuransi perjalanan untuk melindungi  liburan Anda. Berbagai opsi perlindungan bisa Anda pilih. Semakin banyak opsi yang anda pilih, tentu semakin mahal harganya. Tapi langkah ini bisa membuat Anda berlibur dengan tenang karena dapat melindungi Anda dan keluarga dari biaya dan kerugian-kerugian yang tak terduga selama berlibur.

10. Cek Ulang.

Dua hari sebelum berangkat saatnya Anda mengecek ulang kembali persiapan yang telah Anda lakukan. Pastikan sekali lagi posisi reservasi hotel dan tiket pesawat, kelengkapan dokumen perjalanan, polis asuransi dan lainnya. Jangan lupa mengeset email dan mesin penjawab telepon yang memberitahukan anda sedang tidak berada di tempat dan akan segera menghubungi kembali begitu Anda balik dari liburan.

Demikian beberap Tips Menyiapkan Liburan DI Akhir Pekan Anda semoga bermanfaat.

3 komentar

  1. Fakultas sains dan teknologi (FST) satu satunya cuma ya ada di Universitas Medan Area. FST juga memiliki dua prodi,yaitu sistem informasi dan biologi. Prodi biologi merupakan salah satu prodi yang sering memenangkan lomba di Universitas Medan Area. Ayo segera daftakan dirimu ke Universitas Medan Area TA 2020/2021. Ayo kunjungi http://fst.uma.ac.id/

    BalasHapus
  2. Numpang promo ya Admin^^
    ajoqq^^com
    mau dapat penghasil4n dengan cara lebih mudah....
    mari segera bergabung dengan kami.....
    di ajopk.club....^_~
    segera di add Whatshapp : +855969190856

    BalasHapus